Sebagian kecil masyarakat di Desa Ngubalan, Kecamatan Kalidawir, masih mengembangkan kerajinan gerabah dari tanah liat serta keset dari sabut kelapa. Gerabah merupakan perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung yang dibentuk dengan berbagai model kemudian dibakar, setelah itu  dijadikanlah alat- alat yang berguna membantu untuk keperluan kehidupan khususnya peralatan rumah tangga atau sebagai furnitur.

Saat ini penggunaan perkakas rumah tangga berbahan gerabah memang makin tergerus oleh perkakas produksi pabrikan. Oleh karena itu, para pengrajin gerabah ini perlu mendapatkan perhatian untuk melestarikan karya seni dan budaya.

Sejumlah warga yang masih menjalankan usaha keset sabut kelapa memang berupaya untuk memanfaatkan serabut kelapa yang biasanya hanya dibuang begitu saja. Pembuatan keset dari sabut kelapa semuanya dikerjakan dengan tenaga manusia, kecuali pemisahan sabut/serabut kelapa dengan serbuknya menggunakan mesin pengurai sabut kelapa. Keset ini juga memiliki pangsa pasar yang khusus dan masih potensial.

Jika melihat upaya sejumlah warga yang masih mengembangkan gerabah dan juga pemanfaatan barang tak terpakai seperti sabut kelapa, tampaknya usaha ini masih mendatangkan potensi ekonomi. Oleh karenanya perlu ada perhatian dari para pihak yang berwenang dalam pengembangan usaha ini.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?